Gambar

MANCHESTER, – Manchester United (MU) tinggal selangkah lagi mendapatkan Shinji Kagawa. Setelah sepakat dengan Borussia Dortmund, kini “The Red Devils” tinggal menunggu hasil tes kesehatan dan perizinan kerja di Inggris untuk memainkan gelandang asal Jepang itu di Old Trafford musim depan.

Kehadiran Kagawa diharapkan dapat menambah kuat lini tengah tim asuhan Sir Alex Ferguson tersebut. Hal itu pun diamini oleh Koki Hirada, salah satu jurnalis media asal Jepang, Tokyo Chunichi Sports. Bahkan, ia menilai pemain berusia 23 tahun itu sangat berpotensi menjadi bintang “Setan Merah”. Berikut hasil wawancaranya seperti dilansir situs resmi MU.

Ketertarikan MU atas Kagawa apakah sudah menjadi rahasia umum?

“Saya rasa demikian. Spekulasi itu telah menyebar ke seluruh media Inggris dan Jepang selama berminggu-minggu dan banyak penggemar di Jepang menanti akhir dari spekulasi itu. Sekarang itu semua telah dikonfirmasi, dan seluruh penduduk Jepang sangat bersemangat akan hal itu,”

“Banyak pemain Jepang di Premier League sebelumnya, seperti Junichi Inamoto di Fulham, Hidetosi Nakata di Bolton, dan Ryo Miyaichi yang juga bergabung bersama Bolton musim lalu. Tetapi United adalah klub besar daripada mereka, dan Kagawa memiliki potensi untuk menjadi bintang besar,”

Apakah tipe Kagawa sama seperti pemain MU lainnya?

“MU tidak mempunyai pemain dengan tipe yang sama. Dia (Kagawa) kurang lebih seperti Samir Nasri atau Luca Modric yang dapat menciptakan banyak peluang, tetapi mampu mencetak gol lebih banyak dari mereka. Posisi terbaiknya adalah bermain diantara penyerang, seperti ketika bermain di Dortmund.  Namun, dia juga dapat bermain di sayap kiri, meskipun dia bukan tipe pemain cepat,”

“Saya bisa melihat, Sir Alex (Ferguson) akan sedikit bermain-main dengan formasinya untuk memainkan dia dalam skema 4-3-2-1. Formasi itu sangat sempurna, karena dia akan dapat bekerja sama dengan gelandang hebat seperti Paul Scholes,”

Kesuksesan apa yang dia dapatkan di Dortmund?

“Dia dapat beradaptasi sangat cepat setelah pindah ke Jerman dari J-League pada 2010 lalu. Dia juga telah banyak membantu mereka meraih gelar Bundesliga secara dua tahun berturut-turut, terutama dengan dua gelar yang mereka raih musim lalu. Dia telah menunjukan semangat tinggi untuk mencetak gol dan menciptakan banyak peluang emas. Dortmund sebenarnya sangat tidak ingin dia pergi, tetapi bagi Kagawa, sangat sulit untuk menolak MU,”

Soal kariernya di tim nasional Jepang?

“Tidak diragukan lagi, dia adalah pemain bintang di Jepang saat ini. Melihatnya, Anda akan seperti menyaksikan Keisuke Honda di sisi sayap yang terkadang menempati posisi di belakang para penyerang. Dengan adanya Kagawa, Jepang tentunya sangat berpeluang besar untuk kembali lolos ke putaran Piala Dunia. Nakata pernah menjadi bintang negara kami, setelah itu Honda, dan sekarang giliran Kagawa,”

Kagawa pernah berdiskusi terkait rencananya bermain di Premier League?

“Beberapa waktu lalu, ketika menjalankan tugas membela negaranya Jepang, kami tahu dia telah berbicara dengan Miyaichi mengenai bagaimana rasanya bermain di Inggris. Saat Jepang berhadapan dengan Oman di Kualifikasi Pra-Piala Dunia minggu lalu, dia juga berdiskusi dengan kiper Ali Al-Habsi, yang saat ini bermain bersama Wigan,”

Apakah kariernya akan panjang bersama MU?

“Tentu saja. Meskipun dia belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar, yang dapat membuatnya kesulitan memahami strategi Sir Alex, tetapi jika melihat apa yang terjadi di Jerman, tentunya dia akan sangat cepat beradaptasi dengan budaya di Inggris. Karier dan waktunya bersama Dortmund, akan banyak membantunya berkembang,”

“Saya rasa Park Ji Sung akan memberinya banyak bantuan. Park dapat menjadi contoh bagi dirinya, sebagai pemain Asia yang bergabung dan cukup sukses bersama MU. Satu hal yang terbaik tentang Kagawa adalah sikapnya. Dia selalu ingin belajar, dan itu sebabnya saya berfikir dia akan melakukan yang terbaik bersama MU,”

Nakata pernah menjadi bintang negara kami, setelah itu Honda, dan sekarang giliran Kagawa.

— Koki Hirada

[cc : KOMPAS.com]