Gambar

Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson (kiri) tampak tersenyum bersama dengan kapten Steven Gerrard selama sesi latihan di Ullevaal Stadium in Oslo, (25/5) (REUTERS/Darren Staples)

” mempertahankan markas latihannya di Polandia padahal pertandingan mereka berlangsung di Ukraina adalah keputusan menggelikan”.

Jakarta (ANTARA News) – Setelah berbulan-bulan spekulasi, ternyata Harry Redknapp tidak juga mendapat mandat dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Nyatanya, mereka memilih nama Hodgson untuk meneruskan pekerjaan Fabio Capello sebagai kepala pelatih timnas Inggris sebulan sebelum dimulainya Piala Eropa 2012

Pelatih – Roy Hodgson

Hodgson sudah makan asam garam untuk membina timnas Inggris dengan berbagai pengalaman di kancah internasional dengan Swiss, UEA, dan Finlandia, lalu melatih Inter Milan di dua kesempatan hingga reputasinya terangkat sebagai pelatih cerdik.

Sementara itu, tim sukses Redknapp ‘Harry untuk Inggris’ memperlihatkan rasa frustrasi karena kandidat yang mereka dukung gagal menduduki posisi itu. Mereka segera menuding Hodgson tidak akan bisa melakukan tugasnya dengan baik dengan menuding kegagalan Hodgson saat membina Liverpool tahun lalu.

Kapten – Steven Gerrard

Hodgson membuang sedikit waktu untuk memastikan Gerrard sebagai kapten, walaupun sepertinya dia harus mencari penggantinya setelah Piala Eropa.

Pemain Liverpool ini telah memberi sinyal bahwa dia mungkin tidak akan meneruskan karir internasionalnya setelah Piala Eropa 2012. Cedera selalu mewarnai kisah di karir Gerrard beberapa tahun belakangan.

Kemenangan Liverpool yang gemilang di Liga Champion 2005 pasti berbekas di sepanjang karirnya, banyak pakar menyatakan Gerrard layak diingat sebagai pemain klub terbaik sepanjang waktu.

“Saya memilih Gerrard sebagai No.1 dan Kenni Dalglish sebagai No.2 dalam daftar legenda Liverpool,” kata John Aldridge, mantan pemain Liverpool.

Karir internasional Gerrard penuh jatuh bangun, walaupun dia telah menyumbang banyak untuk Inggris selama dekade terakhir, dia masih belum meraih kesuksesan di turnamen besar. Jika ini adalah kesempatan terakhirnya, dia harus membuat suatu gebrakan.

Formasi

Formasi 4-3-3 adalah kabar baik untuk pemain Manchester United, Ashley Young, Stewart Downing dari Liverpool,  dan duo Arsenal Theo Walcott dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Dengan empat winger di skat, Hodgson memperlihatkan maksudnya untuk memperluas serangan. Absennya Wayne Rooney untuk dua laga awal Piala Eropa 2012 memberikan kesempatan untuk Andy Carroll setelah kepulangannya ke Liverpool, posisi yang juga diperebutkan oleh pemain Manchester United, Danny Welbeck.

Kelemahan

Saat peserta Piala Eropa 2012 yang lain sudah mempersiapkan diri sejak dua tahun sebelumnya, timnas Inggris baru membenahi tim kurang dari sebulan sebelum turnamen dimulai.

Pengunduran diri Fabio Capello pada Februari membawa kekisruhan sehingga nasib timnas Inggris terkatung-katung.

Reputasi Hodgson sebagai pelatih bertangan dingin mungkin bisa memperbaiki kondisi tim. Namun, mempertahankan markas latihannya di Polandia padahal pertandingan mereka berlangsung di Ukraina adalah keputusan menggelikan.

Cedera yang menghantui

Jika Carroll dan Welbeck cedera atau terkena sanksi tidak bisa bermain di dua pertandingan awal Piala Eropa 2012, tidak ada cadangan untuk pemain belakang.

Jermain Defore dari Tottenham tidak bisa menyerang sendirian, sehingga Hodgson harus memberdayakan Young, Gerrard, atau Walcott di posisi menyerang sebelum Rooney bisa kembali untuk membela tim.

Boleh jadi, timnas Inggris bakal merayu Dewi Fortuna di ajang akbar Piala Eropa 2012 ini.

Ada perbedaan level antara kiper pilihan pertama dan kedua karena Joe Hart dari Manchester City tidak tergantikan. Penampilan Robert Green, kiper West Ham, yang buruk pada final Piala Dunia 2010 membuat Inggris tidak akan mau bergantung padanya.

Alex Oxlade-Chamberlain

Dipilihnya pemain 18 tahun ini walah baru bermain di 16 laga Liga Premier adalah bukti bahwa Hodgson menganggapnya sebagai “kartu as” yang bisa membantu timnas Inggris di Piala Eropa 2012.

Opini

“Saya tidak pernah ingat ada turnamen yang membuat mental kami jatuh seperti sekarang, memang beralasan bila Spanyol, Jerman, dan Belanda terlihat lebih kuat daripada Inggris. Tetapi, kami masih punya beberapa pemain top dan mereka bisa membuat kejutan,” kata Alan Shearer mantan pemain sepak bola Inggris.
(nan)

COPYRIGHT © 2012